Cara Gampang Menyiapkan Ayam Ungkep, Enak Banget

Cara Gampang Menyiapkan Ayam Ungkep, Enak Banget

Ayam Ungkep. When Indonesians mention ayam goreng (fried chicken), what we really mean is ayam ungkep, and you can use the term interchangeably. Resepi ayam ungkep ini sedap bila terasa pedasnya. Anda boleh tambah dan guna cili api ikut tahap kepedasan yang diinginkan.

Jadi memikirkan hari sabtu adalah hari yang paling sesuai untuk saya ke dapur, jadi saya meminta hubby ke kedai runcit membeli bahan bahan yang diperlukan. Ayam ungkep merupakan sebuah hidangan yang ringkas namun enak. Ia adalah sebuah masakan tradisi masyarakat Jawa di Kampung Bukit Hijau, Jeram, Selangor.

Sedang mencari ide resep ayam ungkep yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam ungkep yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam ungkep, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan ayam ungkep yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

When Indonesians mention ayam goreng (fried chicken), what we really mean is ayam ungkep, and you can use the term interchangeably. Resepi ayam ungkep ini sedap bila terasa pedasnya. Anda boleh tambah dan guna cili api ikut tahap kepedasan yang diinginkan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ayam ungkep sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Ayam Ungkep menggunakan 13 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Ayam Ungkep:

  1. Sediakan 1/2 kg ayam potong (saya bagian dada).
  2. Ambil 8 siung bawang putih.
  3. Ambil 4 siung bawang merah.
  4. Ambil 1 jempol kunyit.
  5. Ambil 1 jempol lengkuas.
  6. Siapkan 1/2 jempol jahe.
  7. Gunakan 1.5 sdm ketumbar butir (kalo pake bubuk kira2 1 sdm aja).
  8. Ambil 1/2 sdm merica butir (kalo pake lada bubuk kira2 1 sdt aja).
  9. Siapkan 2 lembar daun salam.
  10. Ambil 2 batang serai.
  11. Siapkan 2 lembar daun jeruk.
  12. Sediakan Secukupnya garam dan gula.
  13. Siapkan 1 liter air untuk merebus.

Ayam ungkep sudah matang, proses menggoreng hanya untuk membuat bagian luarnya garing renyah. Karena itu gunakan minyak panas dan banyak agar ayam tidak terlalu banyak menyerap minyak.. Pantas ayam ungkep goreng ini sangat nikmat hingga ke tulang-tulang, ya. Kalau masih sisa air, bisa dijadikan kuah soto.

Cara membuat Ayam Ungkep:

  1. Potong ayam sesuai selera. Cuci bersih kemudian tiriskan. Mau diberi jeruk nipis juga gpp, kalo saya enggak.. soalnya habis dicuci langsung dimasak. Bumbunya jg udah disiapin????.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, dan kunyit. Kemudian geprak kasar lengkuas, jahe, dan serai. Boleh di blender, karena saya uleg manual dan masih sayang lengan???? beberapa cukup saya geprak aja..
  3. Dalam panci, masukkan 1 liter air (kurang lebih) kemudian masukkan ayam, bumbu halus, serai, jahe, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk (remas2 dulu). Beri garam dan gula. (Ayam ungkep cenderung asin, gula hanya sebagai penyeimbang.. karena disini saya gapake kaldu bubuk.. tapi kalo mau pake kaldu bubuk juga gpp)Rebus dengan api sedang. Pake ayam broiler lebih cepet matangnya.. kalo pake ayam kampung ya sesuaikan jumlah air sama apinya pas masak kecil aja. Masak hingga air ungkep sedikit asat..
  4. Jadi deh, yuuuk bikin????????.. ini gampang pol. Lebih enak + sehat juga daripada bumbu ungkep jadi yang duaribuan itu tuuuuh????Rasanya juga bisa disesuaiin sama selera kita sendiri????.
  5. Yang ngekos kayak saya bisa banget buat stok di kosan. Kalo dikosnya ada kulkas, tinggal taruh wadah kedap udara (misal tupperware) trus masukin kulkas. Mau makan kapan aja tinggal goreng. Berhubung di kosan saya gada kulkas, jadi saya goreng semua.. nah nanti kalo mau makan tinggal dipanasin aja. Kalo misal gamau digoreng, ayam ungkep ini bisa tahan 1 hari suhu ruang tanpa masuk kulkas asal benar2 tiris dan nyimpennya terbuka (jangan dimasukin wadah tertutup)????????.
  6. Ini yang saya udah goreng sebagian, agak kegosongan ya?????????waduh saya gak pandai goreng2 yaaa.. ini aja gorengnya saya pake jaket plus helm. Saking takutnya sama minyak goreng???? bodoh banget saya hehehe sama minyak aja menye2 ????????????ya nanti deh saya belajar goreng2????????.
  7. Sebenernya saya lebih suka ayam ungkep yang bagian paha atau sayap. Karena kulitnya enaaak banget kalo udah direbus pake ungkepan???? daging ayamnya jg lebih lembut. Kalo dada kan berserat gitu.. trus ya kulitnya dikit. Kenapa yang gak sehat lebih enak?????????.
  8. Sisa air ungkep bisa disaring, bumbu yang sisa jangan dibuang.. goreng aja. Enaaak dimakan pake nasi. Ini yg saya foto gada remah2 bumbunya karena blm selesei ngegoreng hehehe????????. Mau foto lagi pas udah selesei jg males, uda keburu laper. Airnya jg kalo mau bisa dibuat kremes, buat yang rajin bebikinan ya ????????atau buat ungkep tahu tempe. Wah pokoknya gada yang kebuang sia2 kalo bikin ungkepan ????????.

Editor : Vien Dimyati Ayam ungkep ini adalah salah satu masakan andalan di kala butuh cepet masak dan saat gak ada lauk sama sekali selain telur. Bikinnya bisa sekalian banyak kemudian stok di kulkas atau frezzer. Anak dan suami lebih suka ayam ungkep dibandingin dimasak opor. kalau sudah jadi gini kadang tinggal gore. Saya dah kekeringan idea nak masak apa. PKPB ni kena masak hari hari.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam ungkep yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!